Kompetensi Dasar :    

4.1 Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan fungsis hias dari berbagai bahan limbah berdasarkan konsep berkarya. 
4.3 Mencipta karya kerajinan fungsi hias dari berbagai bahan limbah sesuai teknik dan prosedur. 

Karya : Yayang Muhamad Auliya 

Ulasan / opini : 
         Di dalam pembelajaran Prakarya Kewirausahaan kali ini bab 'mendesain dan membuat produk kerajinan fungsi hias dari berbagai bahan limbah berdasarkan konsep prakarya' disini saya memanfaatkan bahan bekas yaitu bekas tempat jam dan sedotam untuk dibuat kerajinan "tempat pensil". Tempat pensil adalah benda yang familiar apalagi bagi seorang pelajar seperti saya, dapat mengaplikasikan kemampuan mendesain untuk membuat bentuk dan hiasan sesuai selera. Dengan menggunakan sedotan dapat dibuat sebuah kerajinan tangan yang memiliki kegunaan serta bermanfaat untuk menghemat pengeluaran. 

Cara Pembuatan Alat & bahan : 
1. Tempat jam bekas 
2. Sedotan bekas 
3. Lem uhu 
4. Gunting 
5. Pylox 
6. Penggaris 

Proses : 
1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. 
2. Ambil beberapa sedotan (saya memakai 28 sedotan) lalu potong semua sedotan sama panjang yaitu 15cm. 
3. Ambil 2 sedotan dan rekatkan pada sisi paling bawah dari tempat sedotan tetapi dengan arah yang sama (bagian kanan & kiri atau bagian depan & belakang ). 
4. Jika sudah, ambil lagi 2 sedotan dan rekatkan dengan cara rekatkan sedotan di atas sedotan yang sudah ada tadi tetapi dengan berbeda sisi sehingga membentuk segi empat ( jika sedotan pertama direkatkan pada bagian kanan & kiri maka sedotan selanjutnya direkatkan pada bagian depan dan belakang. Begitu juga sebaliknya). 
5. Lakukan proses ke 4 terus menerus sampai tempat jam terlapisi semua. 
6. Jika sudah tunggu sampai lem kering. 
7. Setelah kering, warnai tempat pensil dengan pylox dan keringkan. 
8. Tempat pensil dari tempat jam bekas dan sedotan sudah siap untuk digunakan. 
9. Pada finishing, tempat pensil yang sudah jadi bisa diberi ornamen ornamen lain untuk memperindah penampilan sehingga lebih aesthetic dan enak dipandang.